Laporan pemerintah Hong Kong menemukan ‘kekurangan’ dalam manajemen editorial penyiar publik RTHK


Sebuah laporan pemerintah Hong Kong yang dirilis pada hari Jumat menemukan “kekurangan” dalam manajemen editorial penyiar publik RTHK, yang menghadapi rentetan kritik dari kelompok pro-Beijing karena diduga liputan sepihak dari pemerintah dan polisi.

Biro Pembangunan Ekonomi dan Perdagangan mengungkapkan temuan dari laporan tersebut RTHK ‘tata kelola dan manajemen pada konferensi pers. Dokumen setebal 157 halaman itu mengecam lembaga penyiaran tersebut karena memiliki akuntabilitas editorial yang “lemah”, mengklaim bahwa pemimpin redaksi dan staf manajemen senior lainnya memainkan peran pasif dalam produksi program.

“Tata kelola dan pengelolaan RTHK memang ada beberapa kendala. [It] harus melakukan perbaikan dalam sistem, pelaksanaan dan pemantauannya, ”Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Edward Yau mengatakan pada konferensi pers.

RTHK didanai pemerintah dan staf memiliki status pegawai negeri tetapi berkomitmen untuk menjaga independensi editorial.

Itu dikritik dalam laporan karena tidak menyimpan catatan yang jelas tentang proses pengambilan keputusannya pada hal-hal yang kontroversial dan sensitif, sementara saluran yang menangani pengaduan dikatakan kurang “transparansi yang memadai.”

Edward Yau. Foto: Tangkapan layar RTHK.

Investigasi enam bulan juga menemukan penyiar sangat bergantung pada 2.200 staf kontrak, tanpa sistem yang komprehensif untuk memastikan karyawan non-pegawai negeri ini memahami tugas stasiun seperti yang diatur dalam piagamnya.

Dipublikasikan Oleh : Singapore Prize